Kamis, 29 Desember 2016

Cara Cepat Mahir Main Gitar Dengan Senam Jari

Tags




Apakah itu senam jari ? Apa kegunaan senam jari?
Senam jari adalah sebuah cara yang digunakan oleh para gitaris untuk melatih kecepatan dan kelentikan jari dalam bermain gitar. Senam jari sangat bermanfaat bagi para gitaris yang sudah handal ataupun yang masih pemula, hal ini biasa dilakukan oleh para gitaris sebelum memulai bermain gitar.

Kegunaannya untuk mengatasi tangan yang kaku saat bermain gitar, sobat perlu melakukan yang namanya senam jari untuk melemaskan jari agar memudahkan untuk bermain gitar.
Belajar senam jari itu sedikit sulit karena jari-jari tangan yang kaku harus dipaksa untuk lemas agar bisa mencapai jajaran fret pada stang gitar. Dan itulah yang namanya proses perubahan dari tidak bisa menjadi bisa.


Dengan cara melakukan senam jari maka cara cepat bermain gitar bisa dengan mudah anda lakukan. Namun banyak orang  yang tidak mementingkan latihan jari ini, kebanyakan orang lebih memilih berlatih teknik teknik yang asing bagi jari mereka. Padahal jari  tersebut belum terbiasa dengan gitar dan ototnya juga belum kuat. Oleh karena itu jika anda ingin cepat bermain gitar sebaiknya mulai pertama kali dengan latihan jari supaya jari anda menjadi kuat sehingga jika dilatih teknik teknik tertentu, jari anda mampu dengan mudah melakukannya. Anda perlu perlu membuat jari jari anda fleksibel, pada artikel ini saya akan membahasnya secara lengkap. Bagi anda yang mencari sebuah panduan gitar lengkap dari awal sampai akhir anda bisa mengikuti/follow Blogs ini ataupun bisa mengikuti Instagram,channel youtube, dan fanspage Facebook blog TabsGitar ini. 

Tapi walaupun sulit, senam jari memiliki keuntungan yang sangat besar. Salah satunya yaitu kita bisa dengan mudah bermain melodi dan juga mencoba chord-chord variasi yang jarang digunakan.
Pada latihan senam jari ini saya mengunakan cara yang simple, Cuma bermain 4 fret saja. Ini bertujuan agar mudah dipahami dan membantu sobat mengembangkan sedikit kemandirian pada jari-jari sobat, dan tentunya membantu sobat dalam proses belajar bermain gitar.

Meskipun latihan seperti ini mungkin sedikit membosankan, namun ini mampu membantu sobat agar cepat pandai dalam bermain gitar.

 Contoh posisi letak jari pada saat melakukan senam jari

Cara membaca dan memainkannya :

  • Tempatkan jari telunjuk pada titik nomer 1, jari tengah pada titik nomer 2, jari manis pada titik nomer 3, dan jari kelingking pada titik nomer 4.
  • Nah setelah itu  mainkan nada secara bergantian dengan memetik dari titik 1 - 2 - 3 - 4, 5 -6 -7 -8 sampai 24 lakukan secara perlahan dan ulangi terus hingga jari kita merasa kelelahan.
  • Selanjutnya istirahat secukupnya.

Gambar diatas adalah senam jari yang dimulai dari atas kebawah atau sebaliknya. Dan berikut ini adalah gambar senam jari yang diawali dari atas kebawah kembali keatas lagi. Jadi bisa dibilang ini adalah tahap yang lebih sulit dari yang sebelumnya

Atau melakukan pola seperti ini :


Untuk yang belum bisa membaca tabs seperti gambar di atas silahkan pelajari nanti di artikel cara membaca Tab atau Tablature Gitar.
Setelah melakukan senam jari dengan pola/tabs atau pattern di atas kemudian dilanjutkan dengan melakukan senam jari menggunakan chord chord dasar secara langsung dan berulang ulang. Anda bvisa memainkankan chord dasar A sampai chord dasar G secara berurutan dan ulangi lagi memainkannya secara acak sampai semua anda merasa lancar, saat melakukan senam jari anda harus berkonsentrasi,ulet,tekun,dan sabar. 




EmoticonEmoticon